Guru Pindah Tugas 1 Kampung Menangis

"Guru Pindah Tugas, Warga Satu Kampung Menangis" - Avanish Yadav. Dialah sosok guru idola di Uttar Pradesh, India. Dia begitu dicintai, tak hanya oleh anak didik dan rekan seprofesi, melainkan juga walimurid dan masyarakat di lingkungan tempat dia mengajar.

Dia sosok guru yang baik, menyenangkan, dikagumi, dan dihormati. Sampai-sampai, saat dia harus pindah tugas ke sekolah lain, para murid dan orangtua mereka begitu sedih, hingga tak sanggup menahan air mata.

Yadav bergabung di sebuah sekolah dasar di Gori Bazar, Devria pada 2009. kala itu, dia sangat terkejut melihat jumlah siswa yang hadir di sekolah sangat sedikit. Setelah melakukan penyelidikan kecil-kecilan, Yadav mendapat temuan yang sungguh miris.

Menurut laman India Times, sebagian besar penduduk desa tersebut adalah buruh harian. Sehingga, mereka mengajak anak-anak untuk ikut bekerja membantu perekonomian. Yadav pun mencoba untuk membuat perubahan.

Dia secara pribadi pergi ke setiap rumah di desa itu dan meyakinkan orang tua tentang pentingnya sekolah dan pendidikan.

Dalam enam tahun, usaha Yadav benar-benar mengubah anak-anak Desa Gori Bazar. Bocah-bocah yang sebelumnya tak bisa mengeja nama mereka dengan benar, kini mampu berbicara tentang hal-hal internasional.

Ikatan dengan penduduk desa dan murid-muridnya pun juga kuat. Sehingga ketika ada berita Yadav akan dipindah, seluruh desa tidak mampu mengendalikan emosi mereka. Mereka menangis kala melepas Yadav pergi ke tugas barunya.

Begitu besar dampak yang dia berikan kepada sekolah hingga kepindahannya membuat orang tua dan murid-murid meneteskan air mata.

Dari cerita Yadav telah membuktikan bahwa menjadi guru tidak hanya sekadar menjalankan apa yang sudah ditulis dalam kurikulum. (indozone)
Comments
0 Comments

0 komentar