PRESS RELEASE:Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan, Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016 dan HUT PGRI ke -71

Sebagai implementasi wujud kepedulian Pemerintah agar guru selalu berusaha berinovasi dan termotivasi untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan menyelenggarakan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2016 sekaligus dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-71. Menurut Undang-Undang No 14 tahun 2005 Bab I Pasal 1, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah yang memegang peran utama dalam rangka implementasi fungsi dan upaya mencapai tujuan nasional tersebut. Untuk menjalankan tugas utama guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya”. Tema ini sangat relevan dengan kebijakan pemerintah untuk menghargai profesi guru dan tenaga kependidikan menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan beradab di tengah-tengah percaturan kehidupan masyarakat global.

Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional merupakan wahana yang berguna untuk menuangkan ide, gagasan dan mencari pemecahan isu atau permasalahan strategis tentang pendidikan dengan melibatkan unsur pakar perguruan tinggi, praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, LSM pendidikan, organisasi guru, serta guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat nasional. Simposium ini juga mempresentasikan karya ilmiah dan inovasi pembelajaran guru dalam bentuk seminar dan pameran hasil karya ilmiah serta inovasi pembelajaran guru, pamong belajar, tutor dan penilik. Berdasarkan amanat undang-undang tersebut di atas, maka  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) pada tahun 2016 akan menyelenggarakan kegiatan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional diikuti oleh 2000 orang guru dan tenaga kependikan pada tanggal 26 November 2016  dengan membahas 10 topik :

(1) Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan,
(2) Optimalisasi Pendidikan Inklusi
(3) Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan
(4)  Membangun Budaya Literasi Di Satuan Pendidikan
(5) Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan melalui GTK Pembelajar
(6) Perlindungan Guru dan Tenaga Kependidikan
(7) Membangun Sekolah Yang Aman dan Nyaman Untuk Warga Sekolah,
(8) Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan di daerah 3T
(9) Teknologi Informasi sebagai Media dan Sumber Pembelajaran
(10) Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rangkaian dari pelaksanaan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan,  Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016  dan HUT PGRI ke -71 ini diselenggarakan bersama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), serta organisasi guru dan tenaga kependidikan lainnya secara bersama-sama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan dimulai  dimulai dengan Gerak Jalan Sehat dimulai dari lapangan upacara Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud menuju bundaran Hotel Indonesia, pada hari Minggu 20 November 2016 diikuti oleh 10.000 orang guru dan tenaga kependidikan  dan Ziarah ke TMP Kalibata diikuti oleh 200 orang guru dilaksanakan tanggal 22 November 2016. Kedua kegiatan ini dikoordinir oleh PGRI.
Kegiatan berikutnya adalah Upacara Bendera memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71 tanggal 25 November 2016 di Kompleks Kemdikbud dan secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Pada hari Sabtu 26 November 2016 dilaksanakan Simposium Guru

dan Tenaga Kependidikan yang diikuti oleh 2000 orang guru. Kedua kegiatan ini dikoordinir oleh Kemdikbud bersama-sama dengan organisasi guru.

Puncak acara Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan,  Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016  dan HUT PGRI ke -71 akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2016 yang akan diikuti oleh 10.000 orang  guru dan tenaga kependidikan dihadiri oleh Presiden RI.
Kegiatan puncak acara dikoordinir oleh Kemdikbud bersama-sama dengan PGRI.

Kegiatan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan,  Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016  dan HUT PGRI ke -71 merupakan momentum yang sangat penting karena berbagai organisasi guru bersama-sama untuk bersama merayakan Hari Guru Nasional 2016 dan HUT PGRI ke-71.

Jakarta, 3 November 2016

1.Sumarna Surapranata, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan
2.Muhammad Asmin, Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)
3.Tety Sulastri, Ketua Federasi Guru Independen Indonesia (FGII)
4.Sururi Azis, Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI)
5.Ahsan Ustadhi, Wakil Sekjen Persatuan Guru Nadhatul Utama (PERGUNU)

.
#terimakasihguru
#bulanbaktiuntukguru
Comments
0 Comments

0 komentar