Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usulan PGRI di Hadapan Wakil Presiden: Tunjangan Profesi Guru Melekat pada Gaji

Bapak/ Ibu yang terhormat,
Berikut sedikit gambaran suasana dialog Bapak Wakil Presiden dg Pengurus Besar PGRI dan Pengurus PGRI Provinsi seluruh Indonesia yang dihadiri oleh Bapak Mentri PAN RB, Sekjen Kemdikbud,  Perwakikan Mendafri, Kepolosian , Puspen TNI,  Dewan, Pakar, Dewan Penasihat dan tamu undangan lainnya.

PGRI sangat merasa tersanjung dan terhormat, Seorang Wakil Presiden berkenan menerima undangan kamindalam dialog di Gedung Guru Indonesia.

Ini terjadi karena Bapak Wapres adalah Bapak Bangsa  yang sangat peduli kepada Pendidikan dan mengakui betapa pentignnya sinergitas antara pemerintah dan PGRI. Kemajuan pendidikan merupakan tolok ukur kemajuan bangsa. Pendulumnya adalah guru. Guru yang berkualitas dan berdedikasi adalah jawabanya.

Selanjutnya Pokok-pokok yang disampaikan  PGRI adalah sebagai berikut:

1. Terima kasih atas perhatian Presiden/Wk Presiden dan berbagai pihak  saat berpulangnya Ketua Umum kami Bpk. Dr. Sulistiyo.

2. PGRI memahami berbagai kesulitan  pemerintah krn itu PGRI sbg mitra trategis pemerintah dan PGRI di semua tingkatan berkomitmen memajukan mutu pendidikan nasional, mutu guru, dan mutu peserta didik. PGRI aktif mendorong guru agar  fokus meningkatkan kompetensinya dan bekerja sama dg berbagai fihak melakukan berbagai upaya peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.


3. Agar guru tenang dan fokus bekerja, mohon agar :

a. Tunjangan Profesi Guru melekat pada gaji sebagaimana yang diberlakukan pada dosen. Menghapus / menyerdehana kan  semua juknis yang berbelit2,dan berubah2, pd setiap proses pencairan TPG, juga dalam, sertifikasi guru, kenaikan pangkat, dan impasing.

b. Mohon ada analisis kebutuhan guru yang komprehensif. Kekurangan guru terjadi masif terutama di sekolah dasar dan guru produktif. Pensiun besar2an guru yang diangkat thn 1975 an  diisi okeh para guru honor. Mereka mengabdi pukuhan tahun. Kehadiranmereka nyata dan riil mendidik anak2 bangsa. Rasio guru siswa  yang mewah dibuat Kementrian tidak tepat dan tidak akurat. Mereka menghitung jumlah guru honor dalam data base tetapi status kepegawaianya tidak diakui. Tidak  boleh sertifikasi dan tidak ada perlindungan dalam penggajian. Untuk  itu, mohon agar  rekruitmen guru agar diisi oleh guru honor ,honor K2 yang sdh terdata di BKn dan honor2 lain yang memenuhi syarat.

c.  Diberikan kewenangan kepada Pemda untuk mengangkat guru honor dg APBD dan adan etentuan melindungi profesi mereka dg menetapkan "Gaji Minimum Profesi Guru"

d. Kembali bersama2 merayakan HGN/HUT  PGRI sesuai dg Kepres mo. 78 th 1994  HGN ditetapkan 25 November  yang diambil dr HUT PGRI. Sejak itu HGN selalu bersama dg HUT PGRI.

e. Sebagaimana profesi lainnya yang sdh ditetapkan lebih dahulu, PGRI yang lahir sbg anak kandung Revolusi Bangsa Indonesia pd thn 1945. Kiprahnya jelas  dalam memajukan pendidikan nasional, mhn  pemerintah menetapkan PGRI  sbg organisasi Profesi.

g. Dana BOS agar dpt dicairkan secara lancar pada awal tahun krn sangat dibutuhkan sbg dana operasional sekolah. Selain itu, prosentasi dana BOS untuk  kesejahteraan guru yang dimanfaatkan untuk guru honor diperbesar.

f. Mohon agar ada perlindungan hukum terhadap profesi guru. Banyak guru yang dalam upaya mendisiplinkan siswa harus mendekam ke penjara. PGRI yakin tdk ada seorang gurupun yang berniat mencelakakan siswanya. Disamping itu, PGRI berkomitmen mendorong guru  mengubah cara/metode mengajar yang sesuai dg perkembangan anak dan ramah anak. Mhn orang tua maupun pihak kepolisian tidak begitu aaja membawa persoalan ini ke ranah hukum. PGRI memiliki.Dewan Kehormatan Guru Indinesia (DKGI) dan Lembaga Konsultasi dan  Bantuan Hukum di semua tingkatan (LKBH). DKGI dan LKBH siap.memediasi persoalan2 ini.

I. Sejak masa almarhum pak Sulis sudah bercita2 menjadikan Gedung Guru Indonesia tempat sbg learning centernya para guru dari berbagai daerah. Ada wisma, tempat belajar dan diskusi pars guru, ada perpustakaan yang layak, perkantoran PB PGRI. .kami memiliki dana urunan guru  dg suka rela, meski junlahnya tidk besar tepi kami mohon restu pak.JK untuk kami memulai renovasi gedung ini.

Semoga Bapak Wakil.Presiden diberikan kesehatan dalam mengemban amant.mulia ,endamoingi Bapak.Presiden RI memimpin Bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera.

Demikian pak pokok2-pokok pikiran yang kami sampaikan dalam mengantarkan Dialog dengan Wakil Presiden Yusuf Kalla.

Unifah Rosyidi.
Plt. Ketua Umum

Posting Komentar untuk "Usulan PGRI di Hadapan Wakil Presiden: Tunjangan Profesi Guru Melekat pada Gaji"