SEMUA SALAH GURU, BENARKAH?

SEMUA SALAH GURU

Jamilah, perempuan kelahiran Punggur 1977 itu bekerja sebagai guru honorer di SDN 20 Sungai Radak Baru, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, sebuah desa terpencil di Kalimantan Barat.

Baktinya sebagai guru berbuah pahit. Jilbabnya dilepas secara paksa oleh orang tua siswa yang marah karena bu guru telah memotong rambut anaknya. Peristiwa memilukan itu berawal dari pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh dua muridnya.

Sebelum memotong rambut kedua muridnya, bu guru telah menegur keduanya berkali-kali. Namun, kedua murid kelas V, PR dan DJ, tetap membandel hingga akhirnya bu guru bertindak tegas. Beliau memotong rambut kedua muridnya itu pada Kamis pagi, 19 Mei 2016, sekitar jam 08.00 WIB.

Tindakan bu guru memancing kemarahan kedua orang tua murid. Pada sore harinya, mereka mendatangi rumah dinas Jamilah di Perumahan Dinas Transmigrasi di Desa Radak Baru, sekitar jam 17.15 WIB. Ayah kedua murid yang berinisial Su dan ES mendapati Jamilah berada di teras rumah. Tanpa babibu, kedua orang tua murid itu langsung melepas paksa jilbab dan memotong rambut bu guru.

Setelah kejadian itu, Jamilah langsung melaporkan perlakuan kedua pelaku ke Polsek Terentang. Beliau pun sempat takut hingga akhirnya pulang ke keluarganya. Perlu diketahui, Bu Jamilah hanyalah guru honorer. 

---

Siapa bilang guru menyukai tindakan fisik kepada muridnya? Jika guru melakukanya, sungguh itu adalah cara terakhir yang bisa dilakukannya. Tak ada secuil pun niat untuk melukai si murid yang bengalnya minta ampun. Semua tindakan guru itu terpaksa dilakukannya karena didasari rasa kasih sayang dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.

Lalu, bagaimanakah Anda menyikapi peristiwa itu? Guru Jamilah telah diperlakukan bak maling ayam. Ketika guru terpaksa melakukan tindakan pendisiplinan yang masih teramat wajar kepada murid yang sangat nakal, Anda berteriak lantang dengan berlindung di bawah ketiak perlindungan anak. Jika guru ditelanjangi murid atau orang tuanya, apakah Anda akan mendiamkannya? Mana suara lantang Anda? Mana...???  (Johan W)

SEBARKAN...!!!

Comments
0 Comments

0 komentar