Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Audiensi PB PGRI dan respon positif dari Memdikbud Prof. Muhajir Effendy

Bpk/Ibu  yth.
Mohon maaf karena berbagai beban pekerjaan yg sangat tinggi maka  baru sempat menuliskan  "substansi audiensi" PB PGRI dan respon positif dari Bpk. Memdikbud , Bpk Prof. Muhajir Effendy.

Pak.Muhajir kami memanggil akrab beliau, bagi PGRI bukan sosok baru. Beliau adalah tokoh pendidikan berhati lembut, bertahun2 mendedikasikan hidupnya dalam dunia pendidikan dan juga lulusan IKIP Malang. Mimpi agar orang asli pendidikan akhirnya terwujud.

PB PGRI, Dewan Pakar/Penasihat PB PGRI pun menyambut hangat penunjukan Beliau sbg Mendikbud oleh Bpk Presiden.

Di mata.kami, Beliau insya Allah jauh lebih memahami ttg berbagai persoalan pendidikan dan memahami bagaimana simpul pendidikan ini diurai yakni dimulai dari guru.
Guru yang bermutu, berdedikasi, yg tenang bekerja, dan mencintai pekerjaanya.

PB PGRI bersama beberapa anggota Dewan Pakar dan Dewan Penasihat telah beraudiensi dengan pak mentri pd hari Jumat tgl 4 Agustus.

Kami mendukung prioritas program utama pak Mentri thd 3 isu besar yaitu; (1)  optimalisasi KIP karena itu terkait dg akses dan hak anak2 Indonesia memperoleh layanan pendidikan yg berkualitas. (2) peningkatan kualitas guru , (3).Penguatan SMK.

PB PGRI menyampaikam kajian ttg.persoalan pendidikan pada tingkat makro terkait perlunya: (1) pembenahan kurikulum,  (2) penguatan fungsi UN setelah tdk lagi menjadi penentu kelulusan, (3)  penataan regulasi pendidikan yg tumpang tindih, (4)  penolakan revisi PP No. 74 jika revisi tsb jika  hanya dimaksudkan untuk semakin mempersulit guru; (5)  penguatan SMK, (6) usulan alternatif2  jalan keluar ttg permasalahan guru honorer,  dan yang paling utama tentu saja mengenai (7l
'Carur marut tata kelola guru dimana guru ditemoatkan sebagai objek birokrasi dengan berbagai aturan dan juknis2 yang berujung pada sangsi2 yang  jauh dari upaya. Peningkatan mutu dan membuat guru tidak fokus dalam bekerja.

Kami benar2 memohon agar aturan 24 jam ditinjau ulang, paling tidak guru diperlakukan setara dengan  dosen krn UU nya sama. Dosen mengajar 9 SKS.  Juga aturan yg rumit dalam TPP, karir, kinerja,  Impassing guru swasta, honorer, kekurangan guru,  penghasilan minimuum, Guru BK, Kasek, Tendik, dll.

Disamping itu, PGRI menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kinerja, mendorong gerakan peningatan mutu anggota melalui berbagai kegiatan mulai di satuan pendidikan, ranting, cabang dan seterusnya. Mendorong guru untuk mencintai pekerjaanya dan mendedikasikan dirinya untuk mendidik dg hati.

Alhamdulillah tanggapan Beliau sangat positif. Beliau sangat menguasai hal2 teknis administratif dan juga memahami aspek paedagogis. Beliau menekankan perlunya guru mencintai pekerjaanya, mendidik dg hati. Karena jika dokter salah praktek maka resikonya nyawa dan dampaknya segera diketahui sedangkan jika kesalahan guru berakibat pada kemunduran  suatu generasi.

Kami sangat gembira krn Pernyataan beliau bahwa guru akan ditata.bukan sebagai  pekerja adinistratif, termasuj  penataan jam mengajar guru, LkS dll menunjukan bagaimana seorang mentri menguasai bukan saja pada policy makro laporan pejabat dibawahnya, tetapi menguasi substansi, sekaligus memahami aspek filosofis dan pedagogis profesi guru.

Respon beliau mengenai penataan 24 jam mengajar merupakan lompatan luar biasa dari Bapak Mendikbud kita. Kita harus sambut dengan bekerja keras,  dan terus menerus memperbaiki kemampuan substansi, metodologi pembelajaran dan kapasitas individu kita sebagai guru yg menjadi teladan bagi peserta dididlk.

Beliau juga  insya Allah akan hadir dalam pembukaan Porseni Tkt Nasional di Siak. Semoga Ibu Menko.PMK juga berkenan hadir dan membuka.

Kita tunjukan sebagai guru yang santun, beretika, dan selalu berkeinginan memberi ya g terbaik pada negeri tercinta..

Kita.juga menunggu catatan sejarah berikutnya dr pak Mentri , membuat perayaan HUT PGRI bersama lagi dengan HGN yg telah menajdi tradisi puluhan tahun sebelumnya sebagai kebersamaan antara pemerintah dan PGRI dalam memajukan pendidikan nasional.

Ingat teman2..
Anak2 kita adalah penentu masa depan bangsa. Dan guru adalah pendulumnya.

Mari bersama2 bekerja dg  hati penuh.

PB PGRI dan PGRI semua tingkatan akan terus menyampaikan spirit perjuangan dalam dialog2, menyampaikan pemikiran secara cerdas, dan cara2 lain yang bermartabat.

Semoga Pak Mentri dengan seluruh jajaranya terus diberi kesehatan,  dan keteguhan dalam mengemban tugas mulia ini.

Unifah Rosyidi
Plt Ketum PB PGRI

Posting Komentar untuk "Hasil Audiensi PB PGRI dan respon positif dari Memdikbud Prof. Muhajir Effendy"