Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empat Aspek Penting Kurikulum 2013 Revisi 2016 Edisi 2017

PGRI.info; Kurikulum 2013 revisi 2016 kembali mengalami revisi di tahun 2017 ini, 
Pada edisi 2017, kurikulum 2013 mengandung empat aspek penting yang harus diterapkan
Apa saja ke empat aspek tersebut?
Berikut ulasannya

1. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Perbincangan mengenai pendidikan karakter yang harus ditingkatkan terealisasi dengan revisi kurikulum 2013 di tahun ini. Pengintegrasian PPK dalam pembelajaran di kelas harus dan wajib dilaksanakan oleh guru. Terdapat paling sedikit 5 karakter penting yang harus dimiliki oleh siswa sebagai hasil integrasi pembelajaran dengan pendidikan karakter. Kelima karakter tersebut antara lain adalah karakter religius, nasionalis, integritas, gotong royong, dan mandiri.

2. Literasi
Pergunjingan mengenai rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia menurut hasil penelitian literasi dunia juga menjadi fokus penting dalam revisi kurikulum 2013 kali ini. Kemampuan literasi ini kemudian diharkuapkan dapat disisipkan dalam setiap tujuan pembelajaran baik di awal, sedang, atau di akhir pembelajaran.

3. Creative, Critical Thinking, Communicative, dan Collaborative (4C)
Poin selanjutnya yang menjadi perubahan dari kurikulum 2013 revisi 2017 ini adalah mengenai kemampuan 4C yang diharapkan diakuisisi oleh peserta didik. Kemampuan untuk dapat kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi, serta berkolaborasi merupakan kemampuan bekal bagi peserta didik di abad 21 ini. Itulah sebabnya kurikulum mengharapkan pendidikan dan pembelajaran formal mampu menyumbangkan, melatih, dan juga menghasilkan keempat kemampuan ini.

4. Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Keputusan pengubahan dalam revisi kurikulum 2013 di tahun ini menekankan keharusan adanya integrasi HOTS dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan pembelajaran harus memberikan pelatihan bukan hanya untuk kemampuan mendasar peserta didik dalam suatu mata pelajaran, tetapi juga kemampuan tingkat tingginya. Hal ini diharapkan agar peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia.

Contoh RPP Kurikulum 2013 revisi 2016 edisi 2017
File contoh RPP 2017 berikut ini di buat dalam bentuk file ms word yang rapi dan mudah diedit,
Silahkan download filenya disini
Download file di  Google Drive

Terima kasih, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Empat Aspek Penting Kurikulum 2013 Revisi 2016 Edisi 2017"