RANCANGAN KEGIATAN PENDAMPINGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMP DALAM KURIKULUM 2013

Pendampingan dalam penguatan pelaksanaan pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam  Kurikulum 2013 diberikan oleh Guru BK atau Konselor Pendamping kepada guru BK atau Konselor sasaran  dalam satu kluster SMP yang sama. Pendampingan diberikan melalui tahapan: In-1, On-1, In-2, On-2, In-3.

Yang dimaksud tahap IN adalah kegiatan pendampingan yang diselenggarakan di induk kluster SMP, sedangkan tahap ON adalah pendampingan secara langsung di sekolah sasaran.
A. Tahap IN KE-1 dilakukan selama satu hari di Induk Kluster (Sekolah Inti) SMP
Tujuan     : Guru BK atau Konselor sasaran dapat memahami:
1. Isi Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP
2. Proses pelayanan bimbingan dan konseling dalam kaidah-kaidah pembelajaran dalam Kurikulum 2013.
3. Format assesmen kebutuhan dan permasalahan peserta didik, tuntutan lingkungan, harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling di SMP.
4. Cara menyusun program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan rencana  pelaksanaan layanan/ kegiatan pendukung (RPL/RKP).
     Kegiatan  :  
1. Mengkaji Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran  Minat Peserta Didik di SMP
2. Mengkaji tayangan video layanan klasikal dan non klasikal (konseling perorangan dan bimbingan kelompok),  serta merancang  penampilan layanan nyata kepada peserta didik sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran dalam implementasi  kurikulum 2013.
3. Mengkaji berbagai format  assesmen kebutuhan, permasalahan  peserta didik, tuntutan lingkungan, harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling di SMP.
4. Mengkaji program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan penyusunan rencana  pelaksanaan layanan/kegiatan pendukung  (RPL/RPK) yang telah disusun sebelumnya, serta pengembangan RPL/RPK yang akan dilaksanakan.
Materi
1. Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP.
2. Tayangan video layanan klasikal.
3. Berbagai format assesmen, permasalahan  peserta didik, tuntutan lingkungan, harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling.
4. Program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan rencana pelaksanaan layanan/kegiatan pendukung (RPL/RPK) yang telah disusun sebelumnya.

B. Tahap ON KE-1dilakukan di Sekolah Sasaran selama 1 hari (8 jam)
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
1. Menelaah dan menyempurnakan program tahunan, program semesteran, program bulanan, program mingguan, RPL/RPK yang telah disusun oleh masing-masing Guru BK atau Konselor sesuai dengan karakteristik sekolah masing-masing.
2. Menganalisis hasil pengalaman layanan bimbingan klasikal.
Kegiatan:
1. Diskusi dan revisi  program tahunan, semesteran, program bulanan, mingguan dan RPL yang telah disusun masing-masing guru BK atau konselor sebagai hasil kajian kegiatan In 1 sesuai dengan karakteristik sekolah masing-masing.
2. Guru BK atau konselor bersama-sama dengan pendamping melakukan kajian pembelajaran (lesson study) terhadap layanan bimbingan klasikal  yang dilakukan guru BK atau konselor.
Materi :
1. Program tahunan, program semesteran, program bulanan, program mingguan dan program harian BK
2. Buku Panduan BK SMP

C. Tahap IN KE-2 dilakukan selama satu hari di Induk Klaster (Sekolah Inti )
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
1. Memahami proses layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok
2. Mempraktikan layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok
3. Menganalisis hasil praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
Kegiatan :
1. Mengkaji tayangan video layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok untuk menemukan kekuatan dan kelemahan layanan yang diberikan guru BK atau konselor dalam video. 
2. Masing-masing guru BK atau konselor secara bergantian melakukan praktik layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok.
3. Masing-masing guru BK atau konselor secara bergantian memberikan umpan balik (feed back) atas praktik layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK atau konselor lain.
Materi :
1. Video layanan konseling perorangan dan konseling kelompok
2. Buku Panduan BK SMP

D. Tahap ON KE-2 dilakukan di sekolah sasaran selama satu hari
      ( 8 jam)
Tujuan   : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
1. Mempraktikan layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
2. Menganalisis hasil praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
3. Membuat laporan kegiatan layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok.

Kegiatan :
1. Praktik konseling individual dan atau konseling kelompok dan selanjutnya bersama-sama dengan pendamping melakukan lesson study terhadap proses dan hasil praktik layanan konseling individual dan/atau  konseling  kelompok yang telah dilakukan guru BK atau konselor.
2. Guru BK atau konselor dengan pendamping melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil layanan konseling individual dan/atau konseling kelompok yang telah dilaksanakan, kemudian guru BK atau konselor merumuskan tindak lanjut hasil evaluasi.
3. Guru BK atau konselor dengan pendamping membuat laporan pelayanan konseling  individual dan/atau  konseling kelompok.
Materi:
1. RPL Bimbingan dan Konseling
2. Instrumen Evaluasi proses dan hasil pelayanan BK
3. Buku Panduan BK SMP


E. TahapIN KE-3 dilakukan selama satu hari di Induk Klaster ( Sekolah Inti)
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat :
1. Merefleksikan (melalui BMB3: berpikir, merasa, bersikap,bertindak dan bertanggungjawab) berkenaan dengan kegiatan IN dan ON yang telah dilakukan
2. Membahas kasus dalam layanan konseling individual dan konseling kelompok.
3. Membuat rencana tindak lanjut dalam kegiatan MGBK
Kegiatan:
1. Refleksi (BMB3) kegiatan pendampingan baik IN maupun ON yang telah dilakukan di kluster.
2. Konferensi kasus tentang pelayanan konseling peroranganl dan/atau konseling kelompok yang telah dilakukan oleh masing-masing guru BK atau konselor.
3. Penyusunan rencana tindak lanjut.

Materi :
1. Hasil kegiatan IN dan ON pelayanan BK di SMP
2. Buku Petunjuk Teknis Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP tahun 2014.
3. Buku Panduan Bimbingan dan Konseling di SMP.

Comments
0 Comments

0 komentar